29 Januari 2023

BENDE JIWAN

Website Kecamatan : https://jiwan.madiunkab.go.id/

Rakor Penanganan Stunting

Perlu diketahui bersama, Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang ditandai dengan tubuh pendek. Penderita stunting umumnya rentan terhadap penyakit, memiliki tingkat kecerdasan di bawah normal serta produktivitas rendah. Tingginya prevalensi stunting dalam jangka panjang akan berdampak pada kerugian ekonomi.

Terjadinya stunting biasanya disebabkan rendahnya asupan gizi pada 1.000 hari pertama kehidupan, yakni sejak janin hingga bayi umur dua tahun. Selain itu juga buruknya fasilitas sanitasi, minimnya akses air bersih, dan kurangnya kebersihan lingkungan juga dapat menjadi penyebab stunting. Kondisi kebersihan yang kurang terjaga membuat tubuh harus secara ekstra melawan sumber penyakit sehingga menghambat penyerapan gizi.

Penurunan stunting terus dilakukan di Kabupaten Madiun khususnya wilayah Kecamatan Jiwan, dengan adanya rakor bersama Desa , sosialisasi dan pemberian bantuan pangan yang bergizi kepada masyarakat merupakan upaya yang saat ini dilakukan.

Pada Selasa (4/10) telah berlangsung rakor penanganan stunting yang bertempat di Aula Kecamatan Jiwan. Rakor tersebut dihadiri oleh Kapolsek Jiwan, Sekcam Jiwan, , PLKB, Satgas Stunting Provinsi, Dppkab pppa, 14 Sekdes Kecamatan Jiwan, Kasi PMP dan Kasi Kesos Kecamatan Jiwan.